10 Karangan [Cerita] Merawat Tanaman di Rumah dan Sekolah

Merawat Tanaman di Rumah dan Sekolah. Merawat Tanaman. Aku sangat senang menanam tanaman. Di rumahku terdapat banyak bunga bunga dan tanaman lainnya. Aku pun harus merawatnya setiap hari. 

Merawat tanaman tidaklah susah. Aku menyiramnya di pagi hari atau di sore hari. Menyirami tanaman membuat tanaman selalu segar.

Apabila tanaman kurang air, ia akan layu. Bahkan bisa mati. Merawat tanaman juga ternyata bisa menyehatkan tubuh. 

Itulah mengapa aku sangat senang menanam dan merawat tanaman. [contoh karangan merawat tanaman]

.
.

Kemarin kita telah belajar membuat contoh paragraf tentang menanam pohon. Kemudian dilanjutkan dengan membuat karangan tentang menanam pohon juga.

Menanam pohon memang memberikan banyak sekali manfaat. Bagi yang yang kita rasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Berikut ini merupakan beberapa karangan tentang merawat tanaman di rumah maupun di sekolah.


Karangan Merawat Tanaman

cerita merawat tanaman


Bunga Mawar dan Melati


Aku memelihara dan merawat bunga mawar dan bunga melati di rumah. Aku menanamnya di sebuah pot yang cukup besar.

Setiap hari aku menyiraminya. Bunga mawar dan melati lebih bagus lagi apa Bila disiram dengan air hujan.

Itulah sebabnya aku memiliki penampungan air hujan. Air tersebut aku gunakan untuk menyirami bunga-bunga yang aku tanam.

Apabila disirami dengan air hujan, bunga-bunga tersebut tumbuh lebih subur. Bunganya pun lebih mekar dan lebih besar. 

Merawat bunga ternyata merupakan sesuatu yang membahagiakan. Aku senang merawat bunga yang ada di rumah.


Merawat Tanaman di Rumah


Tanaman memberikan banyak manfaat. Tetapi kita pun harus bisa merawatnya. 

Aku pun terbiasa merawat tanaman yang pesanan di rumah. Bersama ayah dan ibu, kami merawatnya bersama-sama.

Setiap pagi aku menyirami bunga-bunga dan tanaman yang perlu disiram. Sebulan sekali ayahku memberinya pupuk.

Jika daun-daun kurang rimbun, Ayah memberi pupuk khusus untuk menumbuhkan daun. 

Dan apabila bunga akan berkembang, Ayah memberinya pupuk khusus untuk bunga.

Sehingga bunga-bunga tersebut akan mekar lebih Indah. 


Kerja Bakti Merawat Tanaman


Di hari Minggu kemarin, kami berlibur hanya di rumah. Aku membersihkan halaman rumah yang ditanami berbagai macam tanaman. 

Di sana ada pohon mangga, kelengkeng, dan jambu biji. Di teras rumah terdapat banyak bunga-bungaan. Ada bunga anggrek, bunga mawar, melati, dan melur.

Semuanya dibersihkan dari daun-daun kering dan sampah, aku menyiraminya. Sebuah selang panjang aku gunakan untuk menyirami tanaman tersebut. 

Tak lama kemudian, ayah datang membawa cangkul dan bibit. Rupanya Ayah ingin menanam lagi jambu biji.

Aku pun mencoba untuk membuat lubang sebagai media tanaman. Ayahku pun sangat senang ketika aku membantunya.

Setelah kami kelebihan, ibu datang membawa minuman yang segar. Tak lama setelah itu Ibu pun membawa makanan. 

Kami semua makan dan minum dengan hati yang sangat senang.
Anggrek yang Indah

Anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang sangat indah. Aku sangat menyenangi bunga tersebut. Apabila sudah mekar, bunganya sangat mempesona.

Cara merawat bunga anggrek agak berbeda dengan bunga lainnya. Bunga anggrek diikatkan pada sebuah pohon.

Kami mengikatnya dengan seutas kawat. Dan akar bunga anggrek ditanam pada sabut kelapa.

Lalu kan setiap sore hari disiram dengan air secukupnya. 

Bunga anggrek yang aku tanam sekarang sudah mulai mekar. Ada yang berwarna ungu dan ada pula yang berwarna putih.

Setiap pagi aku selalu melihatnya. Melihat bunga mekar membuat hatiku bahagia.


Merawat Kaktus


Aku memiliki bunga kaktus. Bunga kaktus tersebut merupakan hadiah dari kakakku.

Bunga tersebut ditanam pada sebuah pot berwarna putih. Bentuknya sangat lucu.

Kakak memberikanku benda kaku karena memelihara bunga kaktus sangatlah mudah.

Kita tidak penuh menyiraminya terlalu sering. Bahkan aku sangat cara menyiram bunga kaktus.

Apabila terlalu sering disiram, bunga kartun akan membusuk. Tersebut biasanya hidup di gurun pasir yang memiliki kadar air sangat sedikit.

Meskipun hanya dengan sedikit air dan di bawah terik matahari, bunga kaktus tetap bertahan hidup.


Menanam dan Memelihara Tomat


Tomat merupakan salah satu tanaman yang sangat lucu. Buahnya berwarna hijau dan apabila makan akan berwarna merah.

Kami sangat senang dengan tomat. Kami menanamnya di depan rumah. 

Caranya sangat mudah. Kami menanamnya di polybag. Yakni plastik yang berisikan tanah yang gembur. 

Apabila pohonnya sudah agak besar, kita bisa memindahkannya ke tanah biasa.

Jangan lupa untuk menyiraminya. Terutama ketika pohonnya masih kecil.

Beberapa bulan kemudian, pohon tomat akan berbuah. Tomat bisa digunakan sebagai sayuran maupun penyedap rasa.


Bersama-sama Merawat Kacang Tanah


Bulan lalu ibu menanam kacang tanah di samping rumah. Sekarang kacang tersebut mulai tumbuh.

Hanya saja terdapat banyak rerumputan yang mengganggu. Oleh sebab itu aku dan ibu membersihkannya. Kami melakukannya di Hari Minggu ketika aku libur sekolah. 
  
Selain membersihkannya dari rumput, kami juga memberikan pupuk. 

Ini kebun kacang tersebut terlihat bersih. Setiap pohon kacang tumbuh dengan sangat subur. 

Sekitar dua bulan lagi kami bisa memanen kacang tersebut. Alangkah senangnya mama dan kacang yang kita tanam dan kita rawat setiap hari. 


Merawat Bunga di Sekolah


Sekolah kami sangatlah indah. Selain indah udaranya pun sejuk. 

Di sekolah kami terdapat banyak tanaman,  baik bunga maupun pepohonan. Dan kami semua merawatnya dengan senang hati.

Setiap pagi kami memiliki tugas untuk menyiram bunga-bunga tersebut. Terutama bagi kami yang mendapat giliran piket.

Dan setiap seminggu sekali kami semua kerja bakti membersihkan sekolah. Tidak lupa membersihkan bunga-bunga dari gangguan rerumputan.

Itulah sebabnya Kenapa bunga-bunga tersebut Mekar dengan sangat indah. 

Demikian pula dengan pepohonan yang ada di sekolah. Kami dilarang merusaknya. Pepohonan tersebut membuat sekolah kami sangat sejuk.

Kami sangat senang dengan sekolah ini. Dan kami pun senang merawat tanaman yang ada di sini.


Taman Kelas


Di depan kelasku terdapat sebuah taman yang kecil. Taman tersebut sangatlah indah.

Kami menanaminya dengan berbagai macam jenis bunga. Ada bunga mawar dan juga bunga melati. 

Dan tentunya adalah bunga anggrek.

Semua anggota kelas serta menjawab merawat tanaman tersebut. Apabila anda yang merusaknya maka akan mendapatkan hukuman.

Setiap pagi sebelum belajar, kami menyirami bunga-bunga tersebut. Sehingga bunga tersebut selalu segar. 

Apabila musim berbunga, akan banyak kupu-kupu yang datang. Melihatnya saja membuat hati kami begitu senang.


Membersihkan Taman



Semua pohon menjulang tinggi di samping kelas. Pohon tersebut adalah pohon mangga. 

Setiap tahun pohon tersebut berbuah. Di antara tangkai dan bahan-bahannya terdapat bunga anggrek.

Bunga tersebut membuat pemandangan terlihat indah. Apalagi ketika bunga anggrek mekar. Semua anak-anak senang melihatnya.

Kami selalu membersihkan taman kecil kami. Membersihkan dari rumput yang mengganggu. 

Selain itu kami pun selalu menyiraminya setiap pagi. Kadang-kadang ada yang membawa pupuk. Sehingga semua tanaman tumbuh subur. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url