buatlah paragraf argumentasi dengan topik efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid 19

Buatlah paragraf argumentasi dengan topik efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid 19

Jawaban 1.

Pembelajaran menjaring di masa pandemi covid-19 merupakan cara terbaik dalam proses belajar mengajar. Bisa dikatakan pembelajaran daring lebih efektif daripada tatap muka. Anak-anak akan menggunakan waktu secara efektif. Mereka bisa secara langsung mengerjakan tugas tanpa banyak waktu terbuang oleh canda dengan teman-temannya. 

Jawaban 2

Proses belajar secara daring memiliki berbagai macam kekurangan. Guru akan sulit menerangkan secara lebih detail. Para murid pun kesulitan memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Selain itu tidak semua daerah memiliki jaringan informasi yang baik. Sehingga mereka tidak bisa berkomunikasi  dan belajar secara daring. 

paragraf argumentasi efektivitas daring




Pembahasan

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang isinya bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan pendukung. 

Tujuan dari paragraf argumentasi ialah agar pembaca setuju dengan apa yang dikatakan oleh penulis. 

Ciri-ciri paragraf argumentasi adalah sebagai berikut:
  • Adanya pernyataan yang dikemukakan oleh penulis
  • Ada alasan, data, atau fakta yang mendukung
  • Kebenaran berdasarkan data dan fakta yang disampaikan

Berikut ini beberapa contoh lainnya dari paragraf argumentasi dengan topik efektivitas pembelajaran daring selama covid 19. 

3.
Bagaimana pun, pembelajaran secara daring tidak bisa menggantikan aktivitas pembelajaran secara tatap muka. Banyak sekali halangan dan kekurangan pembelajaran daring. Salah satunya adalah karena beberapa daerah tidak bisa mendapatkan sinyal yang baik untuk peralatan komunikasi. Sehingga proses daring terjadi secara putus-putus. Hal ini membuat proses belajar secara daring benar-benar gagal. 

4.
Belajar secara daring mengakibatkan penurunan kualitas pendidikan. Para peserta didik tidak bisa mengejar kurikulum yang telah ditetapkan. Beberapa mata pelajaran membutuhkan penjelasan secara mendetail yang tidak bisa disampaikan melalui daring. Hal Inipun banyak dikeluhkan oleh para pendidik. 

Lainnya: 

5.
Pembelajaran daring sangat efektif dan efisien bagi peserta didik yang tekun. Dibandingkan pembelajaran secara tatap muka, pembelajaran daring membuat mereka lebih efisien menggunakan waktu. Tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia. Semua tugas bisa dikerjakan kan dan mereka bisa belajar dari berbagai sumber di Internet. 

6.
Pendidikan secara daring merupakan pilihan terbaik selama pandemi covid 19. Peserta didik merupakan aset bangsa yang harus dijaga. Mereka adalah tulang punggung bangsa ini di masa depan. Dengan pembelajaran daring, mereka bisa terhindar dari penyebaran covid-19. Menjaga mereka tetap sehat lebih penting daripada ada pendidikan itu sendiri. 

7.
Pembelajaran daring selama covid 19 adalah pilihan terbaik. Dengan berkembangnya teknologi, kita tidak harus terpaku dengan cara-cara pembelajaran tradisional. Para pengajar dapat mengarahkan dan membimbing kepada peserta didik. Berbagai macam informasi bisa didapatkan secara mudah oleh peserta didik melalui sumber Internet. Yang terpenting adalah adanya evaluasi, sehingga kita bisa mengetahui seberapa jauh efektivitas pembelajaran daring selama ini. 

8.
Banyak sekali orang yang tidak setuju dengan pembelajaran daring selama pandemi. Tidak semua keluarga siap untuk bekerjasama dengan para pengajar karena berbagai macam kondisi dan alasan. Misalnya suasana rumah yang tidak mungkin mendukung pembelajaran daring. Sehingga anak-anak tidak bisa berkonsentrasi mengikuti daring dari rumahnya. 


9.
Metode pembelajaran daring selama masa pandemi covid 19 adalah pilihan terbaik. Meskipun tidak bisa menyamai efektivitas pembelajaran secara tatap muka, namun pembelajaran daring memberikan berbagai macam keuntungan. Diantaranya adalah terhindarnya anak-anak dari pandemi yang mematikan ini. 

10.
Pembelajaran secara daring memang kurang efektif dibandingkan secara langsung. Terutama bagi peserta didik di sekolah dasar dan menengah. Penyebabnya pada usia tersebut mereka belum bisa dikatakan mandiri. Sehingga harus selalu dikawal dan dibimbing oleh para guru. Namun bagaimanapun, pembelajaran daring memiliki berbagai macam keuntungan selama pandemi. Misalnya dapat mengurangi laju penderita covid.

11.
Seharusnya pembelajaran di tidak dilakukan secara daring meskipun di masa pandemi. Data menunjukkan bahwa anak-anak lebih kuat menghadapi virus covit 19. Di samping itu para pendidik pun setelah mendapatkan vaksin. Sehingga apabila melakukan pembelajaran secara langsung, hal tersebut masih memungkinkan. Sebagaimana diketahui bersama, pembelajaran secara daring sama sekali kurang efektif. Hal ini sudah banyak dikeluhkan baik dari orang tua maupun para peserta didik. 

12.
Pembelajaran secara daring selama masa pandemi hanya efektif untuk siswa kelas atas. Sedangkan mereka yang masih berada di tingkat menengah atau bawah belum dapat mengikuti proses daring secara baik. Hal ini disebabkan karena pembelajaran daring memerlukan kemandirian dari para peserta didik. Sedangkan anak-anak yang berada di bangku sekolah dasar maupun menengah, belum dapat dikatakan sebagai anaknya mandiri. 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url