Dalam model perencanaan instruksional sistematik, terdapat 5 hal pokok yang harus diperhatikan, yaitu: sasaran didik

Soal:
Dalam model perencanaan instruksional sistematik, terdapat 5 hal pokok yang harus diperhatikan, yaitu: sasaran didik, tujuan, kondisi, sumberdaya, dan hasil. Silakan buat satu perencanaan instruksional sistematik dengan topik yang Anda pilih sendiri. Tentukan ke-5 komponen tersebut secara jelas.

Jawaban :
Perencanaan Instruksional Sistematik: Mengenal Planet-planet dalam Tata Surya.

Penjelasan:
1. Sasaran Didik: Para siswa kelas 5 SD.
Sasaran didik dalam perencanaan ini adalah para siswa kelas 5 SD yang ingin belajar mengenal planet-planet dalam Tata Surya.

2. Tujuan: Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan karakteristik masing-masing planet dalam Tata Surya.
Tujuan dari perencanaan ini adalah agar para siswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan karakteristik masing-masing planet dalam Tata Surya, seperti ukuran, jarak dari Matahari, komposisi atmosfer, dan ciri-ciri unik lainnya.

3. Kondisi: Durasi pembelajaran selama 3 minggu dengan 4 sesi per minggu.
Pembelajaran dilakukan selama 3 minggu dengan 4 sesi per minggu, sehingga total ada 12 sesi pembelajaran. Kondisi tersebut memberikan cukup waktu bagi siswa untuk mempelajari dan memahami informasi tentang planet-planet dalam Tata Surya.

4. Sumberdaya: Buku teks, presentasi multimedia, gambar planet, model planet, dan akses internet.
Sumberdaya yang digunakan dalam perencanaan ini antara lain buku teks yang menjelaskan tentang Tata Surya, presentasi multimedia untuk memperkaya materi pembelajaran, gambar planet yang memvisualisasikan penampilan masing-masing planet, model planet untuk memperlihatkan ukuran relatif mereka, dan akses internet untuk mencari informasi tambahan.

5. Hasil: Siswa mampu membuat proyek mini tentang planet pilihan mereka.
Hasil yang diharapkan dari perencanaan ini adalah para siswa mampu membuat proyek mini tentang planet pilihan mereka. Proyek tersebut akan menunjukkan pemahaman siswa tentang karakteristik planet yang dipelajari dan meningkatkan keterampilan presentasi mereka.

Dengan memperhatikan kelima komponen tersebut, perencanaan instruksional sistematik ini memberikan pedoman yang jelas untuk mengajarkan siswa mengenal planet-planet dalam Tata Surya secara efektif.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url