35 Puisi Ibu Untuk Anak SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6

Puisi ibu untuk anak SD merupakan kumpulan puisi yang sesuai bahasa anak-anak sekolah dasar.

Bahasanya sederhana, mudah dimengerti, dengan tema sehari-hari.

anak sd kelas 1
img: pixabay.com

1. Puisi Ibu Untuk Anak SD kelas 1



Aku Sayang Ibu

Aku sayang pada Ibu
Yang selalu mengajariku.

Kini aku rajin sekolah,
Karena Ibu membimbingku.

Aku sekarang jadi berani,
Tidak takut seorang diri.


Bersama Ibu

Kalau bersama Ibu
Hatiku merasa senang.

Ibu sangat sayang,
Sehingga aku selalu bahagia.

Ibuku sangat peduli,
Mencariku kemana aku pergi.

Ibu,
Aku sayang padamu.


2. Puisi Ibu untuk anak SD kelas 2



Janji Untuk Ibu

Ibu,
Engkau yang melahirkanku,
Engkau yang membesarkanku,
Sungguh tabah mendidikku.

Aku berjanji sungguh-sungguh,
Rajin belajar tekun bekerja,
Agar engkau menjadi bangga,
Melihat anakmu sukses di masa depan.


Kala Aku Berdoa

Kala aku berdoa,
Di kala damai rasa di dada,
Kusebut sebuah nama,
Nama yang sangat aku cinta.

Itulah namamu Ibu,
Yang kusayang sepanjang waktu,
Kudoakan agar engkau bahagia,
Jangan sampai ada duka.

Kepada Tuhan aku panjatkan,
Doa tulus serta harapan,
Semoga Ibu senantiasa dalam lindungan.


3. Puisi Ibu untuk anak SD Kelas 3



img: pixabay.com

IBU


Karya: era syafitri harris

Dalam hatiku gelap gulita
Engkau menyinarinya
Bagaikan mentari
Menyinari bumi 
Ibu..
Hati yang lembut
Mata yang indah
Wajah yang berseri
Tangan yang halus 
Ibu yang menyayangiku
Menemaniku bagaikan sahabat
Membimbingku bagaikan guru
Menegurku jika ada kesalahan 
Oh, seperti malaikat
Yang turun dari langit
Yang selalu di hatiku
Dan tak pernah putus asa bersamaku
Entah apa yang bisa kuperbuat
untuk membalas kasih sayangmu 
Aku hanya bisa ucapkan
Terima kasih IBU



Pengorbanan Ibu


Hari demi hari
Tanggal demi tanggal
Waktu demi waktu

Pengorbananmu Ibu
Tidak pernah mengenal waktu.

Engkau sayang penuh cinta,
Untuk anak-anakmu tak mengenal lelah.

Setiap pengorbanan
Menjadi penyemangat
Agar kami terus belajar.


Ibu, Sahabat Terbaik

Ibu selalu berada bersamaku
Sebagai sahabat terbaik dalam hidupku.

Ibu selalu mengajariku
Sebagai guru yang tak pernah jemu.

Ibu selalu menasehatiku,
Sebagai kasih sayang agar aku berhasil.

Ibu,
Doakan anakmu
Agar berhasil meraih cita-cita.

Agar aku bisa membalas
Semua jasa-jasamu yang tiada terkira.


4. Puisi Ibu untuk anak SD kelas 4



Maafkan Aku

Ibu maafkan aku
Yang tak mendengar nasehatmu.

Kini aku menyesal
Atas kesalahan diriku.

Ibu, maafkanlah diriku.


Ibu, Pengganti Ayah

Ibuku berjuang seorang diri,
Membesarkanku tanpa bantuan ayah.

Engkau lelah bekerja setiap hari,
Agar aku bisa makan dan sekolah.

Pengorbananmu begitu besar,
Tak mungkin bisa dibalas.

Jasa-jasamu banyak sekali,
tak ingin kulihat engkau bersedih.


kumpulan puisi untuk anak sekolah dasar
img: puisi ibu via pixabay.com

Bimbinganmu Akan Kulakukan

Dulu aku tak mengerti,
Kenapa Ibu marah kepadaku,
Saat aku berbuat salah.

Kini aku menyadari,
Semua itu untuk kebaikan diri.

Bimbinganmu baru kupahami,
Bahwa dengan disiplin hidup akan mudah.

Bahwa dengan rajin,
Segalanya bisa tercapai.

Ibu,
Bimbinganmu begitu berarti,
Maafkan diriku yang kadang tak mengerti.




Baca juga:

Puisi Ibu singkat tentang pengorbanan
Puisi Sedih Kangen Ibu



5. Puisi Ibu untuk anak SD Kelas 5




Ke Mana Kucari


Ke mana kucari pengganti,
Bila Ibu telah pergi.

Kasih sayangmu tak tergantikan,
Hadirmu tak bisa diwakilkan.

Ibu, hangatmu membuatku bahagia,
Cintamu membuatku sentosa.

Ibu,
Kemana kucari
Seorang pengganti
Jika engkau pergi.


Selalu Kurindu


Saat kutemukan foto lama,
Foto kenangan penuh makna,
Timbul rindu dalam dada,
Mengenangkan dirimu, Ibunda.

Senyumanmu begitu damai,
Kasih sayangmu tak pernah usai,
Memandang wajahmu nampak permai,
Rindu padamu tak pernah selesai.

Hanya doa yang kupanjatkan,
Untuk Ibunda yang berpulang,
Semoga dosa diampunkan,
Mendapatkan rahmat kasih sayang.



5. Puisi Ibu untuk anak SD Kelas 6



puisi ibu anak
img: puisi anak via pixabay.com

Teringat Dulu

Teringat waktu dulu,
Saat aku masuk di kelas satu,
Engkau selalu mengantarkanku,
Belajar bersama Ibu guru.

Kini aku hampir lulus,
Sekolah dasar hampir selesai,
Terimakasih untuk cinta tulus,
Bergerimis tak pernah usai.

Wahai Ibu terimakasih,
Untuk setiap cinta kasih,
Yang selalu murni serta bersih,
Bagaikan salju berwarna putih.



7. Puisi Untuk Ibu dan Ayah



Wahai Ibu dan Ayah,
Terimakasih untuk segala-galanya,
Memberikan kehangatan di rumah,
Bekerja memenuhi nafkah.

Terimakasih telah mengajarkan,
Berbagai ilmu dan pendidikan,
Sehingga anak-anakmu mengerti,
Tentang akhlak dan budi pekerti.


Doakan Menggapai Cita-Cita


Wahai Ayahanda tercinta,
Doakan anakmu menggapai cita,
Menjadi anak yang berbakti,
Berguna bagi tanah pertiwi.

Kepada Ayahanda selalu hormat,
Kepada ibu selalu taat,
Senantiasa menjalankan syari’at,
Agar bahagia dunia akhirat.


8. Puisi Ibu Jangan Bersedih



Wahai Ibu jangan bersedih,
Walau ayah telah pergi,
Mari kita kejar cita-cita,
Agar semua bahagia.

Aku bertekad sukses berhasil,
Agar Ibu-pun bisa bahagia,
Jangan lagi bersedih hati,
Karena anakmu kan selalu menemani.



Ziarah

Jika datang berziarah,
Hati sedih mengenang ayah,
Dulu ayah selalu bekerja,
Agar kita tidak lapar.

Namun aku harus kuat,
Seperti pesan dari ayah,
Jadilah anak yang hebat,
Membanggakan semua keluarga.

pg. 01.99.20
Next Post Previous Post