75 Contoh Kalimat Permohonan dan Anjuran Lengkap

Kalimat permohonan adalah Kalimat yang digunakan untuk meminta tolong dengan cara yang halus. 

Dalam percakapan sehari-hari, kita mengenal berbagai macam contoh kalimat. 

Seperti kalimat larangan, kalimat permohonan, kalimat ajakan pada, kalimat perintah, dan lain-lainnya.

Berikut ini contoh kalimat permohonan.

contoh kalimat permohonan


  • Mohon untuk tunggu di luar.
  • Tolonglah dia  menyelesaikan tugasnya.
  •  Tolong temani aku.
  •  Mohon mengertilah apa yang sedang aku alami.
  • Tolong bantu aku membersihkan rumah ini.
  • Hadir ini Harap tenang karena acara akan dimulai sebentar lagi.
  • Tolong berikan ini kepada dia.
  • Mohon kepada ibu dan bapak untuk mendampingi putra-putrinya.
  • Kami mohon kerjasamanya dari hadirin sekalian agar acara ini berlangsung dengan khidmat.
  • Kami mohon kepada hadirin yang membawa handphone untuk menonaktifkannya.
  • Mohon dengarkan penjelasanku. 
  • Kami mohon agar anda menjelaskan kepada kami sekali lagi.
  • Mohon dipertimbangkan lagi sebelum mengambil keputusan tersebut.
  • Pengunjung harap tidak membawa hewan peliharaan.
  • Mohon maafkanlah diriku atas semua kesalahan.
  • Mohon izin besok aku tidak bisa mengikuti pelajaran sekolah.
  • Kami memohon keringanan untuk biaya sekolah ini.
  • Mohon pertimbangan lagi permohonan kami karena hal ini akan sangat membantu.
  • Tolong matikan lampu itu.
  • Tolong tutup pintu dan jendela sebelum engkau tidur.
  • Kami sangat berharap batuan ini bukan hanya kali ini saja.
  • Mohon jangan marah terlebih dahulu ketika aku menjelaskannya.
  • Aku sangat mengharapkan pengertian dari.
  •  Kami mohon agar anak-anak tidak memasuki ruangan ini.
  • Kami sangat berharap bahwa ibu sekalian bisa menghadiri acara tersebut.
  • Kepada masyarakat dimohon untuk mematuhi aturan pemerintah.
  • Dimohon kepada seluruh warga agar bisa mengikuti acara kerja bakti hari Minggu.
  • Kepada pengunjung silakan memakai masker sebelum bertransaksi di bank ini.
  • Kami mohon ada Bapak menerima anak kami bekerja di sini.
  • Kami mohon agar engkau tak pernah datang lagi ke rumah kami.

  • Dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Seluruh siswa dilarang membawa HP.
  • Selain yang berkepentingan dilarang masuk.
  • Bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas, dilarang mengikuti pelajaran.
  • Dilarang menginjak rumput ini.

  • Sebaiknya engkau melanjutkan sekolah.
  • Aku menyarankan agar engkau menemuinya besok pagi.
  • Sebaiknya kamu menyelesaikan tugas hari ini juga.
  • Ada baiknya kalau engkau mempertimbangkan keputusan itu.
  • Alangkah baiknya jika engkau bermusyawarah dengan orang tua.

  • Mari kita belajar bersama di rumah aku.
  • Ayo bermain di lapangan!
  • Ayo kita makan siang dahulu!
  • Ayolah, kita berenang di kolam itu!
  • Mari bermain bersama kami!

  • Kerjakan tugas itu dan kumpulkan besok pagi!
  • Bersihkan kelas sebelum bel masuk berbunyi!
  • Rapikan kamarmu sebelum bermain!
  • Pergilah kepadanya dan minta maaf!
  • Rapikan barang-barang itu seperti semula!

Kalimat permintaan.

Kalimat permintaan merupakan kalimat ajakan yang diperhalus dengan menggunakan kata mohon, harap.

Kalimat permintaan adalah kalimat ajakan yang diperhalus. Kalimat ini juga disebut kalimat permohonan.

Contoh :
  • Kami harap semua sabar.
  • Jika tidak keberatan, sudilah kiranya Anda ikut kami.
  • Ku mohon kamu untuk tetap berada di sini.
  • Saya minta izin keluar, Bu!
  • Saya ingin kita bersama membersihkan lingkungan.
  • Saya mohon Anda bersedia menerima bantuan yang kami berikan.

Kalimat permohonan maaf.
  • Maafkanlah diriku!
  • Aku mohon maaf kepadamu!
  • Tolong maafkan kesalahanku!
  • Hanya maafmu yang aku minta!
  • Aku minta maaf yang sebesar-besarnya!
  • Dari lubuk hati yang paling dalam, kami mohon maaf atas segala kekurangan.
  • Apabila ada kata-kata yang sana,  mohon maafkanlah!
  • Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mohon maaf apabila ada kesalahan yang kami perbuat.
  • Sudilah kiranya engkau memaafkanku!
  • Aku harap engkau memaafkan apa yang telah aku lakukan.
  • Aku memang bersalah maka aku mohon engkau memberikan maafmu.
  • Jika ada kata-kata yang menyakiti,  aku mohon maaf yang setulus-tulusnya. 
  • Aku berjalan dalam hal ini,  maka aku mohon maaf untuk kesalahan itu. 
  • Maaf ya!
  • Tolong maafkan diriku yang tak tahu terima kasih ini!
  • Tolong maafkan ada aku tak sengaja melakukannya.
  • Maafkan dia karena dia adalah temanmu.

  • Kalimat permohonan maaf dalam pidato.
  • Dan terakhir,  kami mohon maaf apabila ada kata-kata kami yang salah. 
  • Demikian yang dapat kami sampaikan. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
  • Dan tentunya tidak ada yang sempurna di dunia ini. Oleh sebab itu kami mohon maaf atas segala kekurangan kami.
  • Ini saja yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  • Sudilah kiranya hadirin semua untuk memaafkan kekurangan kamu.
  • Jika ada kata-kata yang salah, jika ada kata-kata yang keliru,  jangan simpan di dalam hati. Kami mohon maaf untuk segalanya.  Semoga dapat berjumpa di lain waktu. 
  • Dan terakhir tentunya Kami memohon maaf atas segala kekurangan. 

  • Kalimat permohonan dana.
  • Oleh sebab itu kami memohonkan kesediaannya untuk membantu dalam pembangunan ini ini.
  • Mengingat dana yang diperlukan sangat besar, kami mohon kesediaan bapak dan ibu untuk berpartisipasi dalam program ini.
  • Kami mengharapkan uluran tangan dari bapak dan ibu untuk membantu pembangunan masjid ini.
  • Demikianlah yang kamu sampaikan. Besar harapan kami Bapak dan Ibu bisa membantu itu acara ini.
  • Tanpa bantuan bapak dan ibu sekalian, tentunya kami tidak bisa membangun sekolah ini.

Kalimat permohonan izin.
  • Saya mohon izin tidak mengikuti pelajaran hari ini. 
  • Saya mau izin untuk mengantarkan teman yang sakit.
  •  Mohon izin agar bisa menggunakan gedung ini untuk acara tersebut.
  • Izinkan diriku untuk menemani dirimu.
  • Mohon kiranya Bapak mengizinkan kami untuk ikut dalam acara tersebut. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url