25 Contoh Majas Anafora dan Penjelasannya

Contoh Majas Anafora dan Penjelasannya. Menurut seorang ahli, Keraf, Majas Anafora adalah pengulangan dalam bentuk pengulangan kata pertama di setiap baris atau kalimat berikutnya.

Majas ini mirip dengan majas epifora. Hanya saja pada majas epifora kemenangan terjadi pada akhir kalimat. [Lihat pada contoh majas epifora].

Majas ini seringkali dipakai dalam puisi maupun dari lirik lagu.

25 Contoh Kalimat Majas Anafora


Perhatikan contoh kalimat yang mengandung majas anafora di bawah ini.

contoh majas anafora

  1. Walaupun harus bekerja keras, walaupun harus banting tulang, walaupun hanya makan nasi garam, aku akan tetap berjuang hingga titik darah penghabisan.
  2. Meskipun harus kehilangan pekerjaan, meskipun harus kehilangan keluarga, meskipun diasingkan, aku tetap memegang agama ini.
  3. Tahukah kamu tentang dirinya? Tahukah kamu tentang keluarganya? Tahukah kamu bahwa dia pernah menyakitiku?
  4. Entah esok, entah lusa, aku yakin impian itu akan terwujud.
  5. Kini dia telah bahagia. Kini dia telah memiliki keluarga. Dan rumahnya bagaikan istana.
  6. Dulu kita dihina. Dulu kita diremehkan. Sekarang Allah telah memberikan kebahagiaan.
  7. Apapun yang terjadi, apapun yang dikatakan orang, aku tetap setia bersamamu.
  8. Walaupun harus mengorbankan harta, walaupun menyerahkan nyawa, kamu harus rela.
  9. Kata-katanya telah membuatku sadar. Kata-katanya begitu menyentuh. Kata-katanya adalah pembuka bagi diriku menuju hidayah.
  10. Sekarang kau baru paham. Sekarang kau baru mengerti. Bahwa semua ini sebenarnya kesalahanmu sendiri.
  11. Dia yang telah menyelamatkanku. Dia yang telah mengasihku. Kepadanya aku berterima kasih.
  12. Dunia ini penuh ujian. Dunia ini penuh godaan. Dunia ini tempat sementara bagi manusia.
  13. Cinta telah membuatku bahagia. Cinta memberiku kecewa. Cinta pula yang membuatku menuliskan sebuah cerita.
  14. Tidak pernah menyakitinya. Tidak pernah mengganggu dirinya. Mengapa dia membenci kekasihnya sendiri?
  15. Pintar memasak. Pintar mencari uang. Pintar segalanya. Itulah dia.
  16. Jangan pernah meninggalkan shalat. Jangan berbohong. Jangan terpedaya oleh dunia.
  17. Perhatikan cara bicara. Perhatikan bagaimana bertingkah laku. Karena dengan itulah orang menilai dirimu.
  18. Rela menanggung duka . Rela bekerja keras. Biarlah tipe orang yang kau idam-idamkan.
  19. Kaya harta. Kaya hati. Banyak orang menyukainya.
  20. Jangan berhenti berdoa. Jangan berhenti berusaha. Suatu hari usaha kita pasti menghasilkan.
  21. Karena dirimu aku bersemangat. Kalau ingin membahagiakan aku rela bekerja banting tulang. Semoga engkau pun mengerti.
  22. Lupakan masalah itu. Lupakan orang yang telah menyakiti. Kini saatnya engkau menatap masa depan.
  23. Bekerja keras. Bekerja cerdas. Bekerja tuntas.
  24. Kemanapun kau pergi aku mengikuti. Kemanapun kau menuju, aku menyertai
  25. Di sinilah kami dilahirkan. Di sinilah kami dibesarkan. Di sini di desa yang begitu permai.


Contoh Dalam Puisi


Inilah beberapa contoh majas anafora dalam puisi.

Pilihanku

Baru kemarin
Aku berjumpa denganmu
Tetapi aku sudah tahu
Bahwa kita akan bersatu.

Aku telah memilihmu
Aku jatuh cinta kepadamu
Aku akan membahagiakan dirimu.

Ke gerbang bahagia
Marilah kita melangkah
Dengan rasa suka cita


Jauh

Apa yang kau katakan
Tentang masa depan
Apakah cahaya
Ataukah kegelapan?

Kau tahu segala bisa berubah
Kau tahu hari ini bukanlah kemarin
Kau tahu kita akan kehilangan

Cinta dan harapan
Masih lah jauh
Jarak masih terbentang
Masih perlu kita berjuang.


Hallo 

Kau yang kutunggu
Kau yang kunanti
Kau yang ku harapkan
Kau yang kurindukan
Kau yang ku cintai

Apa kabarmu hari?

Masihkah kau membuatkan aku puisi
Menyirami bunga yang kuberikan padamu?

Apakah engkau sudah lupa
Semua cerita kita dahulu?


Rindukah?

Lama tak tahu
Kabar yang kau miliki.

Aku rindu padamu sahabat.

Saat kita duduk berdua
Di balik meja yang sama
Di kelas yang kita cinta
Mendengarkan guru bercerita.

Rindukah pada masa itu
Rindukah belajar bersama
Rindukah kita saling bercerita

Masing-masing kita
Berjalan menggapai impian

Aku ke timur
Engkau ke barat

Di dalam hati berharap
Semoga berjumpa suatu saat.


Pahami juga:

Contoh majas alegori,
Majas litotes,
Majas asosiasi.



Contoh Dalam Lagu


Majas anafora seringkali dipakai dalam lirik lagu.

Indonesia yang memiliki berbagai jenis lagu, mulai dari dangdut hingga pop, tak terlepas dari penggunaan majas ini.

Berikut ini beberapa lagu yang menggunakan majas anafora.

Kau - Nicky Astria

Padamu diriku tak pernah coba memahami hatimu
Padamu diriku terlalu membuat kau resah keliru
Padamu diriku senantiasa mengekang kebebasanmu
Padamu diriku tak ikhlas bernaung dalam percintaan
Engkau terbelenggu

Padaku dirimu tak pernah menilai kasih dan sayangku
Padaku dirimu sengaja membuat kurasa keliru
Padaku dirimu terlupa betapa kucinta padamu
Padaku dirimu terlalu mengira kekhilafanku


Lupa - Kuburan

Lupa, lupa, lupa, lupa, lupa lagi syairnya
Lupa, lupa, lupa, lupa, lupa lagi syairnya
Ingat, ingat, ingat, ingat, cuma ingat kuncinya
Ingat, aku ingat-ingat, cuma ingat kuncinya

C, A minor, D minor ke G, ke C lagi
A minor, D minor ke G, ke C lagi
A minor, D minor ke G, ke C lagi

Lupa, lupa, lupa, lupa, lupa lagi syairnya
Lupa, aku lupa, lupa, lupa lagi syairnya
Ingat, ingat, ingat,…


Selain contoh majas anafora masih banyak contoh majas majas lainnya. Silakan baca judul-judul yang ada di bawah ini.

.

Source: Musixmatch


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url