33 Contoh Majas Inversi dan Pengertiannya Secara Lengkap

Majas inversi adalah majas yang di dalamnya terdapat pengubahan susunan kalimat.

Misalnya susunan kalimat berikut.

Ronaldo pergi ke Spanyol.

Jika diinvestasikan akan menjadi: Ke Spanyol Ronaldo pergi.

Berikut ini kalimat yang diubah atau diinversikan ke dalam beberapa apa susunan kalimat yang berbeda.

contoh kalimat dengan majas inversi

Contoh Majas Inversi


1. Aku pergi ke pantai Sardinia di Italia.

  • Ke pantai Sardinia aku pergi.
  • Sardinia, pantai yang aku pergi kepadanya.
  • Sardinia, Italia - ke sana lah aku pergi.

2. Rani menulis puisi yang sangat indah.

  • Sangat indah puisi yang ditulis oleh Rani.
  • Indah, Rani menulis puisi itu.
  • Menulislah Rani sebuah puisi.

3. Ia memandang langit yang biru.

  • Ke langit biru ia memandang.
  • Langit biru, ke sanalah ia memandang.
  • Langit biru itu dipandang olehnya.

4. Perasaannya sudah hancur.

  • Hancur sudah perasaannya.
  • Sudah hancur perasaannya.
  • Perasaannya, hancur sudah.


5. Ia tak sanggup membayangkannya.

  • Tak sanggup dia membayangkan
  • Membayangkannya, ia tak sanggup


6. Mereka lari tunggang langgang ketika dikejar oleh Polisi.

  • Tunggang langgang mereka lari.
  • Larilah mereka dengan tunggang langgang.
  • Dikejar polisi, mereka lari tunggang langgang.


7. Air matanya bercucuran.

  • Bercucuranlah air matanya.


8. Aku jatuh cinta kepadamu.

  • Kepadamu aku jatuh cinta
  • Jatuh cinta kepadamu.


9. Aku pergi ke kota Ambon.

  • Pergilah aku ke Kota Ambon.
  • Ke Kota Ambon aku pergi.


10. Rani bersedih karena rindu.

  • Rindu, Rani bersedih karenanya.
  • Bersedihlah Rani karena rindu.
  • Karena rindu, Rani bersedih.


11. Aku mendengarkan kajian ilmiah.

  • Kajian ilmiah kudengarkan.
  • Kudengarkan kajian ilmiah.


12. Kami menghabiskan usia dengan gembira.

  • Dengan gembira, kami menghabiskan usia.
  • Menghabiskan usia dengan gembira.


13. Mereka berangkat menemui Saruman.

  • Menemui Saruman, mereka berangkat.
  • Berangkat mereka menemui Saruman.
  • Saruman, mereka berangkat menemuinya.


14. Andini marah kepada Farhan.

  • Marahlah Andini kepada Farhan.
  • Farhan, kepadanya Andini marah.
  • Kepada Farhan, Andini marah.

15. Kisah cintanya bagaikan drama.

  • Bagaikan drama kisah cintanya.


16. Aku akan mencarimu walaupun ke ujung dunia.

  • Walaupun ke ujung dunia aku akan mencarimu.
  • Akan kucari dirimu walaupun ke ujung dunia.
  • Ke ujung duniapun akan kucari dirimu.


17. Aku menulis surat kepadanya.

  • Kepadanya aku menulis surat.
  • Menulis surat diriku kepadanya.

18. Karin membawa peta itu ke kampung.

  • Peta itu, Karin membawanya ke kampung.
  • Ke kampung, Karin membawa peta itu.


19. Aku membicarakan masalah ini kepadanya.

  • Kepadanya aku membicarakan masalah ini.
  • Masalah ini aku membicarakannya kepadanya.


20. Dia membawaku ke rumah ini.

  • Ke rumah ini dia membawaku.
  • Membawaku ke rumah ini.


21. Aku mempersembahkan mutiara untuknya.

  • Untuknya mutiara ini aku persembahkan.
  • Mutiara ini aku persembahkan untuk nya.


22. Tono memanggilku ke sana.

  • Ke sana Tono memanggilku.
  • Memanggilku Tono ke sana.


23. Aku menari di bawah hujan.

  • Menari aku di bawah hujan.
  • Di bawah hujan aku menari.
  • Hujan, aku menari di bawahnya.


24. Abdullah membaca kitab itu.

  • Membaca kitab itu si Abdullah.
  • Kitab itu, Abdullah membacanya.


25. Dia sarapan di teras rumah.

  • Sarapan dia di teras rumah.
  • Di teras rumah dia sarapan.


26. Andi membantah pernyataan itu.

  • Pernyataan itu Andi membantahnya.
  • Membantah pernyataan itu, Andi.


27. Mereka bersepeda menuju pantai.

  • Menuju pantai mereka bersepeda.
  • Bersepeda mereka menuju pandai.
  • Pantai, mereka bersepeda menujunya.


28. Jarjit membawa buku di tasnya.

  • Membawa buku itu Jarjit di tasnya.
  • buku , Jarjit membawanya di tasnya.
  • Di tasnya, Jarjit membawa buku itu.


29. Aku mendengar suara itu dengan sangat jelas.

  • Mendengar suara itu diriku dengan sangat jelas.
  • Suara itu aku mendengarnya dengan sangat jelas.
  • Dengan sangat jelas aku mendengar suara itu.


30. Hani mengatakan rahasia itu kepada Almi.

  • Kepada Almi, Hani mengatakan rahasia itu.
  • Rahasia itu Hani mengatakannya kepada Almi.
  • Mengatakan rahasia itu, Hani kepada Almi.


31. Kami duduk santai di dipan.

  • Di dipan itu kami duduk santai.
  • Duduk santai kami di dipan.
  • Santai kami duduk di dipan.


32. Dia menulis puisi di sudut rumah.

  • Menulislah puisi dia di sudut rumah.
  • Di sudut rumah dia menulis puisi.


33. Andara mengirim bunga ke kota.

  • Ke kota Andara mengirim bunga.
  • Mengirim bunga, Andara ke kota.


Jadi contoh-contoh di atas kita akan mengetahui apa itu majas inversi.

Tidak lupa untuk memahami bentuk majas lainnya.

contoh majas personifikasi
contoh majas metafora
contoh majas hiperbola
contoh majas litotes
contoh majas simile
contoh majas asosiasi
contoh majas ironi
contoh majas gradasi
contoh majas innuendo



Next Post Previous Post